Sabtu, 21 Oktober 2017

Resistor Tidak Linier

Resistor Tidak Linier

PTC  (Positive Temperature Coefisient) dan NTC (Negative Temperature Coefisient) adalah resistor yang tergolong ke dalam resistor tidak linier. Resistor jenis ini nilai resistansinya bisa berubah tanpa terikat range / batas pengaturan tertentu. Nama lain dari NTC atau PTC adalah thermistor, yakni themal resistor yang berarti resistor yang dipengaruhi oleh perubahan suhu. Dengan demikian, perubahan suhu akan mempengaruhi perubahan nilai resistansi dari NTC ataupun PTC itu sendiri. NTC bersifat berbanding terbalik dengan perubahan suhu. Ini berarti peningkatan temperatur lingkungan akan menurunkan nilai resistansi dalam NTC itu sendiri, begitu pula sebaliknya. PTC bersifat berbanding lurus dengan perubahan suhu. Ini berarti setiap kenaikan suhu juga akan menaikkan nilai resistansi dalam PTC dan bila suhu turun, maka nilai resistansi PTC juga turun.
LDR (Light Dependent Resistor) adalah juga merupakan resistor tidak linier. Namun, LDR dipengaruhi oleh intensitas cahaya yang masuk melalui permukaannya. Mayoritas dari LDR didesain untuk merespon intensitas cahaya dari sinar matahari. Ini karena LDR tidak memiliki respons yang sama untuk setiap panjang gelombang yang jatuh padanya (memiliki respons spektral yang unik). Selain itu, nilai  LDR yang berubah akibat terpapar sinar membutuhkan selang waktu tertentu untuk memulihkan ke nilai resistansi nya yang semula saat berada di tempat gelap. Hal ini berarti LDR memiliki laju recovery dalam perubahan resistansinya.
Dari berbagai karakteristik yang telah disampaikan seperti di atas, maka NTC, PTC, dan LDR tergolong ke dalam bahan semi konduktor, karena sewaktu waktu dapat mengalirkan arus listrik dan sewaktu waktu memutuskan arus listrik.

Terdapat berbagai jenis model – model resistor PTC, NTC, dan LDR tergantung penerapannya.

Baca selengkapnya di https://drive.google.com/open?id=0B5DaHo7NjmxJRVBqS1hDQlQxazA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar