Selasa, 14 November 2017

Hukum Induksi Faraday

Hukum Induksi Faraday

Dalam ilmu elektronika, tentunya kalian mengenal komponen yang satu ini, Kan?
Yup, inilah induktor. Induktor berupa lilitan kawat yang dapat menimbulkan tegangan. Kok bisa? Nah, salah satu teori yang mendasari prinsip kerja induktor adalah Hukum Induksi Faraday. Hukum ini menjelaskan tentang munculnya GGL induksi. Apa itu GGL induksi dan bagaimana isi dari Hukum Induksi Faraday? Marilah kita baca artikel berikut.

Apa itu GGL Induksi?

Gaya gerak listrik induksi adalah beda potensial volt yang muncul sebagai akibat perubahan fluks secara terus menerus. Apa itu fluks? Fluks adalah jumlah garis gaya magnet yang melewati kumparan dan dinyatakan dalam 1 Webber (Wb) = 1 Tesla.meter2. Fluks dinotasikan dalam simbol Φ. Simbol DΦ berarti perubahan fluks.


Kalau B adalah garis gaya magnet dan A adalah luas permukaan kumparan, maka fluks Φ adalah

GGL induksi akan muncul jika terjadi perubahan fluks secara terus menerus. Ini berarti akan bisa muncul kalau besar B ataupun A bervariasi setiap saat. A luas kumparan yang bersifat tetap (Kita tidak mungkin mengubah ukuran kumparan kawat). Kita bisa memvariasikan B, yakni garis gaya magnet yang mengenai permukaan A.

Perputaran kumparan A akan mengubah besar B, yakni sebesar B cos ɵ. Jadi besarnya fluks untuk posisi sementara dinyatakan dalam


Dengan B adalah garis gaya magnet tegak lurus bidang A (tesla)

A adalah luas kumparan (meter persegi)

ɵ adalah sudut antara garis B dengan tegaklurus bid. A.
Posisi sementara tidak sempurna kena, yang mengindikasikan perubahan fluks.

Bagaimana definisi hukum induksi faraday?

Gaya gerak listrik (ggl) induksi yang timbul antara ujung-ujung suatu loop penghantar berbanding lurus dengan laju perubahan fluks magnetik yang dilingkupi oleh loop penghantar tersebut.

adalah perubahan  fluks magnet.
adalah laju perubahan fluks magnetik.

N adalah jumlah lilitan penghantar.

 adalah GGL induksi yang timbul sebagai akibat aktivitas perubahan fluks (dalam satuan volt)

Kesimpulan:

1. GGL induksi timbul bila terjadi perubahan fluks terus menerus.

2. Besar GGL induksi tergantung laju perubahan fluks, semakin besar perubahan fluks dalam waktu yang semakin singkat, maka makin besar juga GGL induksi yang dibangkitkan.

3. Berati kita mengupayakan :

a. Perputaran bidang A yang cepat
b. Kuat medan magnet yang besar
untuk mendapatkan ggl induksi yang besar.

4. Induktor dapat menghasilkan ggl induksi sebagai akibat dari munculnya medan magnet yang disebabkan oleh lilitan kawat. Untuk itulah dikatakan ia dapat menimbulkan tegangan, atau mungkin istilah lainnya dapat menyimpan muatan dari tegangan sumber.

Sekian teori ggl induksi yang dapat saya sampaikan. Ini adalah hasil yang telah saya sarikan dari berbagai sumber. Tentunya untuk mencari kebenaran, kita harus rajin membaca. Terima kasih telah meluangkan waktu Anda untuk membaca postingan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar